STIU AL-MUJTAMA’ Pamekasan buka peluang alumninya melanjutkan studinya ke Turki


Pamekasan, 17 Februari 2018 bertempat di Gedung STIU Al-Mujtama’ Pamekasan lantai 1 diadakan Seminar Nasional dengan mengangkat tema “Membaca Peluang Kuliah di Turki: S1, S2 dan S3”. Seminar ini dihadiri oleh Ketua Yayasan Pendidikan Indonesia – Turki yakni Bpk. Doddy Cleveland, ST. sebagai pemateri. Alumnus Teknik Kimia di ITB ini memaparkan bahwa kuliah di Turki sangat prospek untuk masa depan khususnya bagi pelajar Muslim yang diharap menjadi pioner kemajuan Islam Indonesia, hal itu dikarenakan Turki membuka diri kepada Indonesia untuk menerima Mahasiswa baik melalui jalur mandiri maupun beasiswa. “Kami siap memfasilitasi adik-adik sekalian khususnya Mahasiswa STIU Al-Mujtama’ Pamekasan untuk melanjutkan Studi di negara Turki, baik secara mandiri maupun beasiswa”. Tuturnya saat memberi materi membaca Peluang kuliah di Turki. “Dan insya Allah, kami akan menaruh prioritas kepada pelajar dengan latar belakang Pendidikan pesantren”. Lanjut pria yang sudah alim tentang Turki tersebut.

Sharing and hearing kuliah di Turki ini tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa STIU Al-Mujtama’ Pamekasan tapi juga beberapa perwakilan dari OSIS Madrasah Aliyah di Pamekasan. Alhasil, antusiasme peserta terlihat jelas ketika pemateri menyampaikan prospek kuliah di negara yang dipimpin Recep Tayyib Erdogan itu, disamping ijazah dan legalitas alumni Turki sudah diakui dunia, juga persyaratan serta biaya hidup di Turki cukup mudah dan terjangkau.

Akhmad Rofi’i Damyati, S.Hum., M.Is selaku Ketua STIU Al-Mujtama’ Pamekasan yang saat ini sedang menempuh Studi doktoral (S3) di Süleyman Demirel University, Türkíye membenarkan pemaparan Bpk. Doddy Cleveland tersebut. “Ya, jadi disana Mahasiswa bisa belajar dengan fokus karena biaya studi dan biaya hidup terjangkau, disamping itu fasilitas yang memadai, perpustakaan dan fasilitas lainnya sangat bagus (red:)”. Ucapnya santai.

Kesempatan tersebut langsung dimanfaatkan oleh STIU Al-Mujtama’ Pamekasan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama antara pihak STIU Al-Mujtama’ Pamekasan dengan pihak Yayasan Pendidikan Indonesia – Turki. Kerjasama itu dilakukan untuk memfasilitasi alumni STIU Al-Mujtama’ (khususnya) yang berkeinginan melanjutkan Studi di Turki. Salah satu poin dari kerjasama tersebut adalah Yayasan Pendidikan Indonesia-Turki siap mengusahakan Mahasiswa STIU untuk kuliah di Turki dengan jalur beasiswa. Hal tersebut disambut gembira dan rasa bangga khususnya oleh Mahasiswa STIU Al-Mujtama’ Pamekasan. Lanjut dari itu, Ketua STIU Al-Mujtama’ Pamekasan juga menyampaikan kesiapannya apabila lembaga Pendidikan yang dipimpinnya dipercaya untuk ditempati ujian seleksi masuk Universitas yang di Turki baik dari jenjang S2 maupun S3, tentu dengan prasyarat kemampuan akademik yang memadai.(Zainal Arifin )

Please follow and like us: